Rabu, 13 November 2019


Pertanyaan

Jawaban

Pendaftaran Akun E court

  1. E- court itu apa?

E court adalah Aplikasi untuk

1. Mendaftarkan perkara  secara Online (e filing)

2. Pembayaran Panjar  Biaya Perkara ( e Payment)

3. Pemanggilan Secara Elektronik ( e summosn)

4. Persidangan elektronik (e  Litigasi)

2. Siapa saja yang bisa mendaftar pada Aplikasi E Ecourt?

 

 

Untuk saat ini pengguna yang dapat mengunakan layanan Aplikasi e-Court

  1. Pengguna Terdaftar ( Advokat) yang sudah terdaftar.
  2. Pengguna Lain adalah ( Non Advokat) bisa dari Perorangan, Pemerintahan/Lembaga, BUMN, Badan Hukum
  1. Apakah untuk pembuatan Akun e cour harus  datang ke pengadilan

Tidak bagi pengguna Terdaftar , tetapi bagi Pengguna Lain untuk pembutan Akun e court harus datang ke pengadilan Meja E-court pada layanan PTSP Pengadilan Bukittinggi untuk pembuatan akun

  1. Apakah Akun E court bisa untuk mendaftarkan perkara berkali
  1. Bagi Pengguna Terdaftar akun dpaat digunakan untuk mendaftarkan perkara berkali-kali selama Kartu Tanda Advokat  masih aktif.
  2. Untuk Pengguna lain akun hanya dapat digunakan untuk mendaftarkan 1 kali perkara saja.
  1. Siapakah yang menverifikasi dan validasi keabsahan status pengguna terdaftar?
  1. Proses verifikasi dan validasi keabsahan status
  2. pengguna terdaftar (yang dalam hal ini ialah Advokat) dilakukan oleh Pengadilan Tinggi yang mengambil sumpah
  3. Pengguna Lain dilakukan oleh admin yang telah ditunjuk oleh Pengadilan Tingkat Pertama
  1. Berapa lama proses verifikasi dan validasi terhadap keabsahan pendaftaran akun e courtr?
  1. paling lambat 3 (tiga) hari kerja setelah proses pendaftaran bagi pendaftar dari Pengguna terdaftar (Advokat
  2. Dan untuk pengguna Lain bisa langsung terverifikasi saat itu juga
  1. Jenis perkara apa saja yang sudah bisa didaftarkan melalui e-Court?

perkara Perdata yang bisa didaftarkan lewat e court Gugatan, Bantahan, Gugatan Sederhana, permohonan

  1. Apakah  mendaftarkanAkun dengan e court dikenai biaya?

Tidak , pendaftaran  akun  ecourt tidak kenakan biaya

Syarat Pendaftaran Perkara

  1. Apa saja syarat untuk menjadi Pengguna Terdaftar?

Advokat harus melakukan registrasi melalui laman https://ecourt.mahkamahagung.go.id dan mengunggah KTP, Berita Acara Sumpah, dan Kartu Tanda Advokat (KTA), untuk selanjutnya diverifikasi dan validasi keabsahannya oleh Pengadilan Tinggi yang mengambil Sumpah Buku Rekening Tabungan.

  1. Apa saja syarat untuk menjadi Pengguna Lain?
  1. KTP /Surat Pengganti KTP/ Passport pendaftaran dari perorangan
  2. KTP /Surat Pengganti KTP,Kartu Pegawai, Surat Kuasa/Surat Tugas  pendaftaran dari Kementerian,Lembaga/BUMN atau Badan Usaha Milik Pemerintah
  3. KTP /Surat Pengganti KTP,Kartu Pegawai, Surat Kuasa/Surat Tugas pendaftaran dari Kejaksaan;
  4. KTP /Surat Pengganti KTP, SK sebagai Karyawan, Surat kuasa khusus pendaftaran dari Badan Hukum
  5. KTP /Surat Pengganti KTP, Kartu Pegawai, Surat Kuasa khusus, ijin insidetil Ketua Pengadilan pendaftaran dari Kuasa insidetil
  6. Buku rekening Bank
  1. Apakah syarat-syarat tersebut harus diunggah setiap kali mendaftarkan perkara Gugatan?

Tidak, syarat-syarat tersebut hanya perlu diunggah satu kali saat registrasi pertama kali.

  1.  Dalam format  Apakah gugatan dan format lainnya yang dapat diunggah pada aplikasi e-Court ?

Dokumen  diunggah dengan format .pdf/ atau .jpg dengan ukuran file maksimal 500 kb

 

  1.  Berapa lama jangka waktu pembayaran panjar biaya perkara sejak mendapatkan nomor pembayaran?

1 x 24 jam

  1.  Bagaimana bila pendaftaran dan transaksi pembayaran dilakukan di luar hari dan jam kerja resmi Pengadilan?

Akan dihitung efektif pada hari kerja selanjutnya

 

  1.  Bagaimana bila terjadi kegagalan dalam pembayaran yang dilakukan dalam tenggat waktu yang telah ditentukan?

 

Nomor pembayaran akan menjadi kadaluwarsa sehingga Penguna Terdaftar harus mendapatkan nomor pembayaran yang baru pada pendaftaran yang sama melalui fitur pembayaran (e-payment) pada aplikasi e-Court.

 

  1.  Apakah penyetoran panjar biaya perkara ke virtual account Pengadilan Negeri Kisaran harus dilakukan langsung oleh Advokat sebagai Pengguna Terdaftar?

Tidak, penyetoran dapat dilakukan oleh siapa saja dan dapat dilakukan melalui ATM, SMS Banking, Internet Banking, Mobile Banking, dan atau Teller bank dengan menggunakan nomor virtual account yang diberikan melalui aplikasi e-Court.

  1. Rekening bank milik siapa yang didaftarkan oleh Pengguna Terdaftar, kantor/ yayasan atau pribadi?

Tidak ada ketentuan khusus, aka tetapi disarankan untuk menggunakan rekening kantor/ yayasan





Menurut Anda bagaimana kinerja Pengadilan Negeri Bukittinggi?
Tidak Tahu
Sangat Memuaskan
Memuaskan
Kurang Memuaskan
Tidak Memuaskan
Lihat Hasil Poling